Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kota Tegal Ajak Masyarakat dan Media Awasi Pemilu 2024 di Internet

Ketua Bawaslu Kota Tegal Memberikan Sambutan dalam acara Rapat Koordinasi Gugus Tugas Pengawasan Konten Internet "Partisipatif Masyarakat dan Media Dalam Pengawasan Pemilu 2024"

Ketua Bawaslu Kota Tegal Memberikan Sambutan dalam acara Rapat Koordinasi Gugus Tugas Pengawasan Konten Internet "Partisipatif Masyarakat dan Media Dalam Pengawasan Pemilu 2024" (29/11/2023)

Tegal, Bawaslu Kota Tegal – Bawaslu Kota Tegal Ajak Masyarakat dan Media Awasi Pemilu 2024 di Internet dalam acara Rapat Koordinasi Gugus Tugas Pengawasan Konten Internet “Partisipatif Masyarakat dan Media dalam Pengawasan Konten Pemilu 2024” (29/11/2023) 

Acara dibuka oleh Ketua Bawaslu Kota Tegal, Fauzan Hamid yang menyampaikan peran penting masyarakat dan media terhadap konten pemilu 2024 di internet yang berpotensi adanya hoax, fitnah dan ujaran kebencian.

Pemateri pertama Pranata Komputer Ahli Muda Dinas Komunikasi dan Informatika, Khairul Fahmi ia menjelaskan ada beberapa cara untuk mendeteksi berita bohong seputar pemilu, pastikan website dari sumber terpercaya, karena berita bohong biasanya dari website yang dibuat pihak tertentu dan tidak kredibel, untuk informasi dari pemerintah pastikan websitenya berakhiran .go.id. Kemudian untuk mengecek pemberitaan dapat dilakukan lewat cekfakta.com.

Pemateri kedua, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Tegal, Meiwan Dani Ristanto. Ia menjelaskan bahwa hoaks pemilu seringkali menggunakan judul sensasional yang provokatif dan cenderung menyerang pihak tertentu.  Kemudian ia juga mengajak untuk mengecek keasilan foto dan video karena umumnya hoax menggunakan editan.

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dimoderator Rani Ingriani. Turur hadiri  perwakilan organisasi pemuda serta para media massa dan online yang telah menjadi mitra Bawaslu kota Tegal.

Penulis : ir

Editor : widhi