Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kota Tegal Hadiri Apel Siaga Nasional Pengawasan Kampanye di Monas

Dari kiri Sukristo (Anggota Bawaslu Kota Tegal), Nur Aliah Saparida (Anggota Bawaslu Kota Tegal), Fauzan Hamid (Ketua Bawaslu Kota Tegal)

Dari kiri Sukristo (Anggota Bawaslu Kota Tegal), Nur Aliah Saparida (Anggota Bawaslu Kota Tegal), Fauzan Hamid (Ketua Bawaslu Kota Tegal) yang hadir dalam Apel Nasional di Monas, Jakarta

Jakarta, Bawaslu RI (26/11/2023) – Badan Pengawas Pemilu menyelenggarakan Apel Siaga di Pelataran Monumen Nasional. Acara Apel Siaga tersebut di hadiri oleh Ketua dan Anggota Bawaslu dari 514 Kab/Kota yang ada di seluruh Indonesia. Selain itu juga hadir Ketua dan Anggota Bawaslu Provinsi dari seluruh Indonesia.


“Pengawas Pemilu di sumpah dan berkomitmen dengan pengawasan pemilu. Lakukan respon cepat terhadap kondisi kampanye dan pengawas pemilu yang berintegritas. Pengawas Pemilu tidak hanya di kantor tapi di lapangan. Pengawas pemilu tidak ada waktu luang pribadi sampai masa tahapan massa pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih dan DPR terpilih, DPD Terpilih” Tegas Rahmat Bagja dalam sambutannya.Ketua Bawaslu RI menegaskan kembali terkait dengan tahapan yang semakin dekat dengan hari pencoblosan yang pastinya akan menyita banyak waktu pengawas. Pengawas pun harus bisa melakukan identifikasi pelanggaran di semua sisi tidak pandang bulu dengan penanganan pelanggaran. Pastikan juga Panwaslu Kecamatan terkoordinasi dengan baik dan pastikan netralitas ASN, TNI, POlRI dan Ujaran Kebencian.
Acara Apel Siaga ini juga di hadiri oleh Ketua dan Anggota Bawaslu Kota Tegal. Tentu saja kegiatan Apel Siaga ini bertujuan untuk menginngatkan pengawas pemilu agar bersiap dengan tahapan kampanye pemilu, baik dari tingkat Provinsi sampai tingkat desa. Bawaslu tegakkan keadilan pemilu dengan pengorbanan fisik dan juga mental. Tidak lupa juga terkait tentang pengawasan kampanye di Media Sosial yang saat ini mulai merebak. Manfaatkan teknologi yang ada untuk membantu pengawasan.
Sehari sebelumnya, Bawaslu RI juga mengadakan Rapat Kooordinasi Nasional Pengawas Tahapan Kampanye Pada Pemilu 2024.

penulis : widhi

editor : widhi