Lompat ke isi utama

Berita

Gelar Apel Siaga Pengawasan Kampanye Pemilu 2024, Ketua Bawaslu Kota Tegal tegaskan Pengawasan yang HUMANIS

Prosesi penghormatan dalam Apel Siaga Pengawasan Kampanye Pemilu 2024

Prosesi penghormatan dalam Apel Siaga Pengawasan Kampanye Pemilu 2024

Tegal, Bawaslu Kota Tegal – Gelar Apel Pengawasan Kampanye Pemilu 2024, Ketua Bawaslu Kota Tegal tegaskan Pengawasan yang HUMANIS (22/11/2023). 
Bawaslu Kota Tegal menggelar Apel Siaga Pengawasan Kampanye Pemilu 2024. “Menyiapkan jajaran pengawas pemilu se-Kota Tegal untuk siap mengawasi tahapan Kampanye” ucap Ketua Bawaslu Kota Tegal, Fauzan Hamid saat memberikan sambutan tentang tujuan apel kegiatan ini. Selain itu tujuan dari kegiatan ini adalah mendorong keberanian pengawas pemilu se-Kota Tegal untuk melakukan pencegahan, pengawasan, dan penindakan. Kemudian yang tak kalah penting ialah membangun kesepemahaman bersama melalui komitmen pemilu 2024 damai dan berintegritas serta mendorong Sinergitas dengan stakeholder (mita kerja) kepemiluan.

Terakhir ia berpesan agar mengutamakan pencegahan serta mengutamakan pengawasan pemilu yang HUMANIS yang diartikan Hierarki, Umum, Mentalitas, Amanah, Netral, Integritas, Sinergitas. Hierarki artinya berkoordinasi dengan jajaran Pengawas Pemilu dari tingkatan yang paling bawah sampai paling atas. Umum artinya mengawaasi seluruh kegiatan kampanye di wilayah masing-masing. Mentalitas artinya berani dan tidak mudah terpengaruh kepada siapapun dalam menjalankan tugas. Amanah artinya dapat dipercaya dalam setiap tugas yang diberikan. Netral artinya tidak memihak kepada siapapun. Intergitas artinya berperilaku jujur, mandiri, adil dan akuntabel. Sinergi artinya kerja sama dengan semua pihak sebagai Upaya pencegahan kolaboratif multi stakeholder (mitra kerja).

Sementara itu Walikota Tegal, Dedy Yon Supriyono dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran Bawaslu Kota Tegal yang telah menggelar Apel Siaga Pengawasan Kampanye Pemilu 2024. “Menghimbau Peran aktif seluruh komponen masyarakat dalam memastikan proses demokrasi yang berkualitas dan dapat diandalkan” tegas Walikota Tegal. Ia mengajak masyarakat ikut serta dalam mengawasi kampanye karena tahapan ini sangat penting.

Turut hadir dalam kegiatan ini stakeholder Bawaslu Kota Tegal antara lain Ketua KPU Kota Tegal, Dandim 0712/Tegal, Danlanal Tegal, Kapolres Tegal Kota, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Tegal, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Tegal, serta Forkopimda Kota Tegal.

Adapun sebelum apel dilakukan kirab oleh peserta apel yang terdiri dari Marching Band SMK Maa’rif Kota Tegal, Paskibraka Kota Tegal, Babinsa se-Kota Tegal, Bhabinkamtibmas se-Kota Tegal, Dishub Kota Tegal, Satpol PP Kota Tegal, Panwaslu Kecamatan se-Kota Tegal dan Panwaslu Kelurahan se-Kota Tegal. Kirab dilakukan dari depan Pendopo Ki Gede Sebayu ke Jalan Pancasila (depan Waterleideng).

penulis : ir

editor : widhi